28 Okt 2017

Cara Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja

Pasti kalian di sini tau ya salah satu persoalan yang tengah menyelimuti bangsa kita saat ini selain korupsi adalah seputar maraknya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya yang kian hari makin memprihatinkan. Udah gak terhitung deh berapa banyak korban yang terjerat dalam lingkaran setan bernama narkoba tersebut.

source : www.google.co.id

Penyalahgunaan narkoba bisa mengenai siapa pun loh Readers, bahkan oleh kalangan para kaum remaja. Karena pada fase ini para remaja sedang berada pada masa transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa atau bisa dibilang sedang berada pada masa pencarian jati diri. Mereka cenderung memiliki dorongan besar atau rasa ingin tau dan juga keinginan untuk mencoba segala sesuatu. Mereka pun masih tergolong dalam kategori labil sehingga memiliki minat yang suka berubah-ubah, dan juga mudah terpengaruh oleh pergaulan kelompok pertemanan di lingkungannya.

Remaja merupakan generasi penerus bangsa, aset yang nantinya akan mecetak kemajuan bangsa ini. Kalau mereka dibekali dengan keterampilan, keahlian, serta berkarakter baik sebagai anak bangsa bukan mustahil jika kelak Indonesia akan menjadi salah satu raksasa dunia. Bayangkan bagaimana jika mereka hanya menjadi orang-orang lemah, tidak kreatif dan inovatif, atau bahkan hanya menjadi segelintir orang-rang sakit yang tidak produktif akibat ketergantungan obat-obatan terlarang, sudah pasti akan menjadi malapetaka bagi bangsa ini. 

Narkoba (Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif Berbahaya Lainnya) merupakan bahan atau zat yang jika dikonsumsi ke dalam tubuh manusia baik berupa hirupan, suntikan, ataupun oral akan dapat menimbulkan berbagai dampak bagi kehidupan manusia seperti perubahan fisik, pikiran, perasaan (suasana hati), perilaku, bahkan mengancam kematian seseorang akibat ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang tersebut.

source : www.google.co.id

Jika seorang remaja selaku pelajar yang menjadi korban pecandu narkoba akan terganggu kemampuan otaknya untuk bisa belajar dengan baik karena fungsi otak yang seharusnya untuk merekam dan menganalisis data pengetahuan, dan pengerjaan lainnya semua akan rusak dan hilang akibat digerogoti barang haram tersebut. Efek depresan yang timbul akibat narkoba ini pun cenderung akan membuat pengguna merasakan kantuk ingin terus-terusan tidur membuat mereka menjadi pemalas dan melalaikan tugasnya karena pikiran mereka selalu pada narkoba sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan tidak dapat berprestasi. Mereka juga tidak perduli lagi dengan lingkungannya, sehingga berakibat fatal pada masa depan karir dan profesinya kelak.

Untuk itu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja sangat dibutuhkan untuk mencetak generasi emas mendatang.
  • Salah satunya diawali melalui peran Orang Tua. Yup! Menurut saya Orang Tua adalah `Role Model` utama seorang anak, maka harus menjadi contoh yang baik. Orang Tua juga harus peduli terhadap tubuh kembang dan perilaku anak-anaknya dengan ikutan `melek` informasi dan mempelajari gejala-gejala penyalahgunaan narkoba serta cara penanggulangannya disertai dengan pengembangan pola asuh yang menyayangi, mengayomi, terbuka dan komunikatif dengan anak. Ajarkan anak membedakan  yang baik dan buruk. Jangan lupa juga meluangkan waktu kebersamaan. Posisikan diri `Orang Tua adalah sahabat anak` sehingga anak akan merasa nyaman dalam menyampaikan atau menceritakan apapun pada Orang Tua.

Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja itu sendiri antara lain :
  • Tingkatkan iman dan taqwa
  • Menumbuhkan rasa percaya diri.
  • Menerapkan kehidupan beragama dalam kegiatan sehari-hari.
  • Positive thinking. Kalian harus membentuk citra diri positif dan mengembangkan keterampilan yang positif.
  • Melakukan kegiatan-kegiatan postif, seperti mengikuti ekstrakurikuler, mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobimu. Ikuti atau buatlah sesuatu yang berguna untuk orang tua dan lingkungan.
  • Hati-hati dalam memilih teman. Ingat! Teman yang baik tidak akan menjerumuskan pada hal-hal buruk, teman yang baik akan mendukung dalam kebaikan.
  • Kembangkan bakat, tingkatkan prestasi juga cita-cita dalam hidup dan masa depan untuk memotivasi kalian melakukan sesuatu lebih baik.
  • Hindari perbuatan dan kebiasaan seperti merokok dan minum-minuman keras, juga tempat-tempat terlarang yang dapat menjerumuskan kalian ke dalam lembah hitam narkoba.
  • Memiliki mental berani untuk menolak jika ditawari narkoba.

Selain itu perlu juga adanya upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, antara lain dengan :
  • Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang sehat dengan saling membina hubungan harmonis antara anak didik dengan seluruh warga sekolah.
  • Memberikan pendidikan kepada peserta didik tentang bahaya dan akibat penyalahgunaan narkoba.
  • Sosialisasi dan penyuluhan tentang hukum yang berkaitan dengan narkoba tersebut.
  • Meningkatkan kegiatan bimbingan konseling di sekolah.
  • Mengawasi seluruh kegiatan sekolah yang berhubungan dengan ruang publik, seperti pentas seni, dsb.
  • Membentuk komunitas gerakan pelajar anti narkoba.
Melalui hal-hal tersebut diharapkan pencegahan penyalahgunaan narkoba pada remaja dapat teratasi :)


Mari kita persiapkan generasi cerdas, kreatif, dan inovatif tanpa narkoba. Remaja harus berani berkata TIDAK pada narkoba!
#GenerasiDigital
#NetizenBerkaryaTanpaNarkoba
#StopNarkoba



Tidak ada komentar: