18 Okt 2017

Sukses Berbisnis di Era Digital Bersama K-Link


Alhamdulillah, tanggal 11 Oktober 2017 yang lalu aku kembali mendapat undangan dari K-Link untuk menghadiri acara seminar “K-link Solusi Hidupmu” yang bertempat di Ballroom K-Link Tower Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Buat yang belum tau k-LINK mampir kesini ya, kita :  Kenalan yuk sama K-LINK.


Ok deh... Langsung aja ya, abis aku gak sabar banget nih mau cerita ke kalian tentang keseruan acara kemarin. Karena disebutkan acara disana jam 7 malam, jadi aku prepare beberapa jam sebelumnya berangkat dari rumah, tau sendiri kan kalau Jakarta Selatan itu kawasan yang macetnya gak ketolongan, tapi untunglah aku sampai sekitar jam 6, sempat bingung juga sih mau ngapain dulu ya? Akhirnya mampir ke K-Mart yang ada di lobby, disitu ada lounge kecil untuk tempat menunggu. Eh, ternyata di K-Mart ramai Ibu-Ibu, eh gak juga deh, ada beberapa perempuan sebaya sama aku yang lagi ngebahas bisnis K-Link yang mereka kelola. Aku juga sempat ngobrol dan ternyata kebanyakan dari mereka berasal dari luar kota, aku salut loh sama perempuan aktif kayak mereka yang bisa beraktivitas di luar rumah memainkan banyak peran, haha.


Nah, balik lagi ke acara seminar, perkiraanku at least gak sampai 50 orang yang bakal hadir. Aku pun ngerasa bakal boring karena sendirian, tapi ternyata disana ketemu teman-teman blogger dari komunitas INDOBLOGNET, senangnya bisa kembali silaturahmi. Tau gak? Ternyata prediksi ku salah, speechless banget pas masuk ruangan melihat barisan kursi yang terhitung ratusan itu full seat! Wow...tua muda, ibu bapak, para remaja pun ikut memeriahkan seminar yang diadakan di Ballroom K-LINK Tower saat itu. Ternyata antusias mereka terhadap bisnis MLM ini cukup besar ya.

M. Fajrin Rasyid selaku CFO & Co-Founder dari Bukalapak.com

Mas M. Fajrin Rasyid selaku CFO & Co-Founder dari Bukalapak.com hadir sebagai narasumber saat itu. Siapa sih yang gak tau Bukalapak.com? pasti tau lah ya kalo bukalapak.com merupakan platform e-commerce dimana semua orang bisa bertransaksi melakukan penjualan dan pembelian dengan mudah, kalau bahasa kerennya pasar digital ya, hehe.

Dengan kemajuan teknologi saat ini semua mengikuti arus yang serba digital, hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan internet sebagai kebutuhan hidupnya, dari situ lah Mas Fajrin mengatakan bahwa bisnis online atau e-commerce memiliki potensi yang luar biasa, semua data transaksi bisa langsung di track secara real time, sehingga memudahkan kita dalam menganalisis dan mengambil keputusan bisnis dengan cepat. Sekarang platform online membuka peluang pesat untuk mewujudkan keinginan berbisnis. Tapi harus diingat, semua yang dijalankan itu harus benar niat dan tujuan usahanya, jangan hanya sekedar karena ingin meraih sukses dengan cepat. 

Semua orang bisa berjualan, semua memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba, maka kompetitor pun banyak bermunculan, kreativitas pun diperlukan sebagai salah satu kunci kesuksesan berbisnis di era digital saat ini. Kita harus “out of box”, harus pintar membaca kebutuhan/peluang pasar, kalau kita hanya melihat bisnis yang sedang trend saat ini, bisa jadi itu semua tidak akan bertahan lama. Dalam berbisnis online biasanya juga perlu memiliki forum dan komunitas. Fungsinya untuk apa? Untuk saling sharing pengalaman, intinya sebagai wadah untuk belajar, berbagi pengalaman satu sama lain dan untuk saling support usaha yang kita rintis. 

Mas fajrin juga memberikan tips bagaimana cara untuk memulai bisnis:
  • Ide, karena ini lah yang bakal nentuin lain-lainnya. Cari tau dulu mau bikin usaha apa? Jualan barang atau jasa.
  • Team atau partner, cari orang-orang yang berkompeten untuk merealisasikan ide bisnis kita. Karena kita bukan superhero yang bisa melakukan semuanya sendiri.
  • Modal, untuk menentukan business plan dan kebutuhan apa aja yang kita perlukan.
  • Eksekusi, karena rencana kalau hanya cuma wacana is nothing, Haha.

Sebagai saran sih sebagai newbie yang baru merintis usaha, aku merekomendasikan kalian untuk bergabung di K-LINK ini, karena menurutku penjelasan bisnis yang Mas Fajrin jabarkan tadi terkonsep semua dalam bisnis MLM K-LINK. Dengan cukup mengeluarkan biaya 50ribu – 200ribu kalian sudah menjalankan bisnis dengan mudah secara online. 

Sebagaimana kita tau kalo K-LINK ini merupakan bisnis MLM yang berbasis syariah, Ust. Erick Yusuf mengajak kita memahami bagaimana cara berbisnis MLM syariah yang benar. Karena syariat itu merupakan tuntutan, maka dari itu segala sesuatu yang kita kerjakan pun gak boleh setengah-setengah, harus menuntun kita ke arah yang benar, yang halal, berkah dan bermanfaat untuk umat. 

Ust. Erick Yusuf selaku Narasumber

Kenapa K-LINK harus menjadi MLM syariah? Karena ingin menyingkirkan stigma negatif orang-orang yang beranggapan bahwa rata-rata MLM yang ada itu tidak benar. K-LINK ingin membantu mewujudkan MLM yang dapat menuntut orang-orang agar menjadi pengusaha sukses. Karena dari 10 pintu rizki, 9 diantaranya adalah untuk berniaga. Maka dari itu, K-LINK berkomitmen untuk menjalankan bisnisnya secara syariah yang berlandaskan keimanan, sesuai kaidah ajaran agama, dan mengutamakan kejujuran. K-LINK berusaha menjual produk-produk dan menjalankan sistem perusahaannya secara syariah yang insya allah halal bisa bermanfaat untuk banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikasi halal oleh MUI. 

Sukses itu bukan seberapa besar pendapatan yang kita hasilkan, tapi berapa banyak yang dapat kita manfaatkan kepada orang lain. Berdasarkan komitmen ini alhamdulillah K-LINK berhasil mencetak orang-orang hebat di dalamnya. Salah satunya Ibu Anisa (Crown Ambassador K-LINK), seorang mualaf yang berasal dari Taiwan, yang sudah merasakan keberhasilan bersama K-LINK. Beliau memulai karir di K-LINK ini karena ingin membantu perekonomian keluarga yang saat itu sedang down.

Ibu Anisa Permata Sari (Crown Ambassador K-LINK)

Ada pula Ibu Triana (Senior Crown Ambassador K-LINK) yang dengan semangatnya memberikan motivasi kepada audiens khususnya perempuan untuk tetap menjadi pribadi yang mandiri dan cerdas dalam berkarir dan berkeluarga.

Ibu Triana Kusumawati (Senior Crown Ambassador K-LINK)

Finally, Narasumber yang ditunggu-tunggu akhirnya datang. Siapa dia? Yup! The one and only Bapak DR.H.MD.Radzi Saleh selaku Presiden Direktur dari K-LINK. Tapi sedih, aku gak sempat capture foto beliau karena handphone ku lobet :(

Dalam speech-nya Bapak Radzi menjabarkan fokus program “ LSO “ K-LINK di tahun 2017 ini. (LSO) merupakan singkatan dari Ladies, Syariah, dan Online. Dimana K-LINK ingin menjalankan roda bisnisnya secara syariah dengan mengikuti update teknologi di era digital saat ini secara Online dan juga berfokus memberdayakan Ladies (perempuan) untuk bisa menjajaki kesuksesan berkarir.

Tidak ada komentar: