Me : “Hi ! what`s up? Udah nunggu dari tadi ya, lur?”
Friends : “lur siapa?”Me : “Ah gak kekinian nih kalian, masa gak tau” (lur adalah singkatan dari kata `dulur` yang berarti teman dekat atau saudara)Friends : (thinking) then say “Hey, are you okay, mbar???”
Hahaha kurang lebih ya seperti itu lah reaksi
teman-teman saat saya coba menyapa mereka dengan gaya khas anak muda zaman now.
Tapi, saya memang sepertinya bukan terlahir di `Generasi Z`, jadi aneh rasanya
kalau mengaplikasikan kebiasaan itu di kehidupan sehari-hari. Malu juga
sama umur, hihihi meskipun kelahiran saya cuma selisih beberapa tahun
saja dari kelahiran generasi Z, tapi saya merasa ada banyak perubahan dari
generasi zaman old dengan generasi kids zaman now.
Generasi Z atau yang biasa kita sebut kids zaman now
terlahir dengan karakter yang selalu berkaitan dengan teknologi dalam
kehidupannya. Dunia digital ibarat pijakan bagi mereka para anak muda generasi
Z. Alat komunikasi seperti gadget, smartphone ditambah dengan kemudahan akses
internet membuat mereka seakan candu dalam menikmati kecanggihan teknologi saat
ini.
Kalau ngobrolin anak muda tuh gak ada abisnya ya,
apalagi di era kids zaman now ini. Nah, kebetulan tanggal 2 November 2017 yang
lalu saya menghadiri acara Power Luncheon KINCIR yang membahas “How to
attract Gen Z”. Wah! Saya memang antusias banget melihat perkembangan generasi
Z saat ini. Iya dong, jiwa harus tetap muda, cuy...hidup generasi menolak tua!
hahaha.
speakers power luncheon kincir |
Dalam diskusi saat itu, Mba Chalyren Olivia Herman (perwakilan
dari Millward Brown Indonesia) mengatakan bahwa berdasarkan dari hasil
surveynya, media sosial menjadi referensi utama anak muda generasi Z dalam
memperoleh informasi dan hiburan karena dapat diakses dengan mudah. Generasi Z juga menyukai kebebasan dan selalu berusaha
mengikuti trend terbaru, mereka senang pergi liburan untuk mengeksplor
tempat-tempat baru, suka mencoba beragam hal dan pengalaman baru. Selain itu,
mereka cenderung senang tampil untuk berbagi dengan orang lain. Dan ingin
menjadi bagian dari komunitas untuk didengar.
Melihat dinamika kehidupan generasi Z tersebut, Giring
`Nidji` Ganesha dan rekan-rekan KINCIR saat ini berfokus memposisikan diri menjadi
sahabat untuk anak muda sebagai portal media online informasi hiburan edukatif
yang terpercaya untuk generasi Z.
Giring Ganesha - CEO dan Co-Founder kincir |
"Loh, Mas Giring yang penyanyi itu?" Yup! Kalian pasti terkejut ya dengan nama tersebut. Saya pun kaget, ketika di sela-sela acara beliau memperkenalkan diri sebagai CEO dan Co-Founder KINCIR. Saat diskusi saat itu beliau berpendapat bahwa anak muda generasi Z ini dalam 5-10 tahun mendatang akan
menjadi generasi penerus bangsa, tidak menutup kemungkinan beberapa diantaranya
menjadi pemimpin negara ini di masa mendatang.
Maka dari itu, Giring Ganesha menjadikan KINCIR
sebagai wadah berupa multi channel network yang menyediakan beragam konten populer
di kalangan anak muda, dan bertujuan sebagai media yang sehat, benar, terpercaya,
dan bertanggung jawab namun tetap mengikuti tren di kalangan anak muda saat
ini.
KINCIR hadir untuk memberi inspirasi, informasi,
sekaligus hiburan dengan cara yang fun, penuh dengan visual yang menarik dan sekaligus
dapat berinteraksi dengan para pembaca sehingga para generasi Z ini dapat
menyuarakan pendapat mereka. KINCIR menjadi media yang berfokus memberikan
konten untuk generasi Z khususnya cowok, karena saat ini belum ada media-media
yang berfokus ke target market tersebut.
tampilan website kincir |
Tampilan KINCIR yang simple namun tetap dinamis dengan kombinasi warna hitam dan putih bernuansa monochrome terlihat dominan merepresentasikan sisi maskulin anak muda, khususnya cowok. Eh, tapi bukan berarti cewek gak boleh baca loh, ada banyak juga kok kategori yang bisa kalian telusuri, malah bisa jadi referensi para ciwi-ciwi cantikku buat ngulik kayak apa sih kehidupan cowok? Hihi...
Mengusung tagline “We Are Young”, KINCIR menghadirkan
3 kanal baru dan mengembangkan 2 kanal yang sudah ada dengan tampilan baru yang
lebih fun, dan konten yang dapat mengedukasi pembacanya, yakni :
- Geeky, berisi konten kebudayaan pop yang digemari anak muda, khususnya lelaki, mulai dari film, komik, game, anime, teknologi, dan sains.
- Chillax, memuat gaya hidup generasi muda, seperti pengetahuan dunia, relasi percintaan, hubungan buku, travel, musik, kuliner, kesehatan, edukasi, dan karir.
- Icon, konten yang membahas sosok-sosok ternama dan jadi sorotan, mulai dari selebritas, figure, yang tengah menjadi viral, dan tokoh yang menginspirasi dalam bidang apapun.
- Turbo, membahas otomotif (mulai dari pembahasan mengenai kendaraan hingga modifikasi aksesoris otomotif yang digemari anak muda).
- Style, kanal yang bertujuan memberi inspirasi dalam gaya, mulai dari bagaimana cara memadukan pakaian, aksesoris, sepatu, hingga gaya rambut yang bisa diaplikasikan anak muda.
Kalian juga gak perlu khawatir, semua informasi dan
hiburan yang disajikan di KINCIR ini no hoax, karena sudah sesuai dengan
rancangan pedoman pemberitaan media siber dari dewanpers. Jadi tunggu apalagi?
Langsung aja kepoin update informasi dan hiburan terbaru di kincir.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar