TRANSLATE

How to Grow Your Youtube Channel

Hello, Hello, Readers...
Gak terasa sudah memasuki bulan Ramadhan, sesuatu...ya (Kalau si Inces bilang, hehehe). Back to moment puasa hari pertama, kalian punya cerita apa? Kalau aku sih ngabuburit bareng Indonesian Female Bloggers dan NYX Professional Makeup Indonesia di Best Western Premier The Hive. Ngapain aja sih?

Jadi, Sabtu lalu tuh Aku mengikuti workshop bertemakan “Grow Your YOUTUBE Channel” yang mana pembicaranya adalah mba Yonna Kairupan, Founder dari Indonesian Female Bloggers/Vloggers sekaligus juga merupakan Beauty & SFX (Spesial Efek) MUA yang baru saja merampungkan project Film layar Lebar Horror Indonesia.

Seru banget deh, sebagai kaum yang masih awam di dunia per-YOUTUBE-an (Duh...ngomong apa sih, mbar :D) aku jadi punya bekal ilmu yang nantinya bisa dipraktikkan. Yowis...daripada penasaran, langsung aja ya aku ceritain.



Berawal dari "WHY DO YOUTUBE?" 

  • Hidup tuh cuma sekali
Kalian bisa memanfaatkan media YOUTUBE untuk mengexplore hal-hal menarik dalam kehidupan kalian melalui visual. Eitsss tapi semua itu hal yang positif ya! Misalnya, yang punya hobi travelling bisa sharing culture, kuliner, dan juga destinasi yang kalian kunjungi.
  • Networking
Lewat Media YOUTUBE ini kalian bisa punya banyak kenalan teman baru. Bisa jadi viewers kalian itu memiliki minat yang sama, atau bahkan ternyata orang-orang penting yang bergelut di bidang yang sama dengan kalian, sehingga bisa membuka peluang untuk mendapatkan tawaran kerja sama atau previlege tertentu.
  • Menambah skill
Melakukan editing video dengan aplikasi tertentu, public speaking, dsb baik secara otodidak maupun dengan keahlian khusus untuk membuat performa YOUTUBE channel kalian lebih menarik, hal tersebut otomatis dapat melatih meningkatkan skill kalian dengan sendirinya.
  • Money, money, money
YOUTUBE channel yang kalian miliki bisa menjadi sumber pendapatan loh, Readers... Tapi itu semua butuh proses ya, tidak semudah membalik telapak tangan. Kalau YOUTUBE channel dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapatkan Endorsement dari pihak brand untuk bekerjasama mempromosikan produk dan jasa mereka.
  • Tough
Tidak semua video yang diunggah akan selalu mendapat respon positif, kalian juga bakal merasakan bad respon seperti thumbs down, komentar "nyinyir" dan sejenisnya yang akan membuat kalian mengelus dada. Tapi, semua itu manusiawi. Anggap saja sebagai latihan kesabaran ya :p





Gimana nih, sudah mulai semangat untuk membuat YOUTUBE channel? Tapi, sebelumnya apakah kalian sudah memahami hal di bawah ini:
  • Why you want to do youtube?
  • What impact to achieve?
  • What benefit?

So, the point is "Have the great reasons and know the right reasons" Mba Yonna said.



Baiklah...Setelah kalian benar-benar tahu tujuan untuk membuat YOUTUBE channel tersebut,
Let`s start NOW!

  • Dimulai dari Know Yourself
Kalian harus mengetahui Strength (Kelebihan) dan Weakness (Kekurangan) yang ada dalam diri, sehingga kalian bisa lebih mengexplore brand identity yang kalian miliki.
  • Focus / Clarity
Nah, di sini kalian harus memfokuskan niche (Kategori konten) dari channel kalian, who is your terget audience?. Intinya "Don`t too general and Unclear" because that`s the biggest mistake in YOUTUBE.

  • Value
Nilai apa yang ada pada YOUTUBE channel kalian, apakah menyajikan konten yang informatif?, sesuatu hal yang mendidik? menginspirasi? memotivasi? atau bahkan konten yang bersifat entertaining?.
  • Start
Maksudnya? just do it by yourself! jangan kebanyakan alasan "yah, Aku kan gaptek gak bisa video editing" Bla...bla...bla... Lakuin saja sesuai kemampuan kalian, jangan juga menjadi analis yang hanya menganalisa YOUTUBE channel orang lain. Create your own style, kamu gak akan tahu kalau belum mencoba.
  • Youtube Search
Cari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh audience, rank your video dengan Judul-Judul yang menarik, buat konten from your point of view.
  • Consistency
hayooo! Jangan malas update konten YOUTUBE channel kalian. Buat jadwal filming secara rutin, misalnya upload 1 video per minggu.
  • Ready For Haters
Manusiawi kok, kalau YOUTUBE channel kalian nantinya akan ada thumbs down atau negative comments. Selama YOUTUBE channel digunakan untuk hal yang positif it`s OK! There is no real Haters. Mereka gak bakal menampakkan batang hidung di depan mata, jadikan semua hal negatif dari para haters sebagai motivasi pembelajaran untuk lebih baik ke depannya.
  • Hustle More
Last but not least, jangan lupa share video yang telah dibuat ke seluruh social media yang kalian miliki. Jangan lupa juga untuk berinteraksi dengan membalas komentar-komentar dan pertanyaan dari para audience :)


Selain mendengarkan penjelasan-penjelasan yang aku jabarkan di atas, peserta workshop Indonesian Female Bloggers dan NYX Professional Makeup Indonesia yang hadir juga mempraktikkan materi tersebut loh, salah satunya (Nyonya Malas) yang sedang melakukan review tas endorsement dari sebuah brand ternama, hihihi.

Acara workshop Indonesian Female Bloggers dan NYX Professional Makeup Indonesia selesai bertepatan saat waktu berbuka puasa, sambil menunggu antrian solat magrib, para peserta kembali mendiskusikan ilmu yang mereka dapatkan dari Mba Yonna.



Setelah selesai solat magrib, seluruh peserta workshop melanjutkan buka puasa bersama di Heather Resto yang ada di lantai 5, Best Western Premier The Hive. Cozy banget deh tempatnya, kami semua disuguhkan dengan kurang lebih 60 macam takjil dari es sampai cemilan yang menggugah selera :D



Finally, acara selesai dengan diumumkannya para pemenang live twitter (Amanda Anandita) dan best instagram (Suwartini), "Selamaaat ^.^"



Thank you...



Buat yang penasaran sama isi goodie bag yang aku dapat dari NYX Professional Makeup Indonesia ini, wait ya Review menyusul :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar